Serunya Mengenal Wisata Kota Tua bersama Vivalova Happy Race




Wisata Kota Tua. Mungkin untuk orang-orang yang tinggal di daerah Jakarta sudah tidak asing lagi dengan cagar wisata yang satu ini. Bahkan terkesan bosen untuk sebagian orang yang pergerakan atau aktivitasnya di sekitaran tempat itu saja, seperti berangkat dan pulang kerja selalu mewati sekitaran Kota Tua. Aku pun begitu, semakin sering melawati, semakin sering melihat maka ketertarikan aku dengan Wisata Kota Tua sangat sangat kurang. Apalagi aku juga tinggal di wilayah Jakarta Barat. Rasanya gak keren klo mainnya cuma ke Wisata Kota Tua. Terkesan tidak menarik, tempat wisata yang itu-itu aja. Bahkan destinasi wisata yang menurutku bagus adalah yaaa selain di Jakarta ini. Seperti Bandung, Yogyakarta, Malang dan lain sebagainya.

Tapi ternyata aku salah. Sudah tahu bukan berarti sudah mengenal. Sering melihat bukan berarti tahu segalanya yang ada disitu. Dan Beruntung sekali ketika aku berkesempatan mengikuti acara “Vivalova Happiness Race” yang diadakan atas kerjasama viva.co.id dengan  PT. Asuransi Astra Buana (HappyOne.id) pada Sabtu, 24 November 2018.

Tidak hanya games-games menarik dan kumpul bareng dengan teman-teman blogger, dalam acara tersebut peserta dikenalkan secara mendalam tentang  keunikan Wisata Kota Tua yang kaya akan sejarah itu. Nah, dari sini. Aku merasa apa yang aku pikirkan selama ini salah. Ketidaktertarikanku dengan Wisata Kota Tua bukan karena tempatnya yang kurang menarik, tapi karena pengetahuanku yang kurang tentang kekayaan sejarah-sejarah yang tersimpan di setiap bangunannya. Yes, I want to know!!!

Wikipedia

Nah, saatnya menuju ke rangkaian acara. Saat itu kami berkumpul di Historia Cafe&Resto wilayah Kota Tua Jakarta. Acara ini dibuka oleh Bapak L. Iwan Pranoto sebagai Head of Communication & Event Asuransi Astra. Sebelum peserta diberikan tantangan, pada awal acara happyOne.id memperkenalkan asuransi yang aman dan yang bikin hati tenang. Penjelasan ini dibawakan oleh Ibu Lusi Lisdiani sebagai Senior Vice President Digital Channel Asuransi Astra.
Untuk kamu yang mau punya asuransi yang punya banyak pilihan produk sesuai dengan kebutuhan perlindunganmu, Asuransi happyOne.id jawabannya. Happy One memiliki produk asuransi yang dinamai HappyMe. Produk merupakan asuransi yang dapat melindungi diri dari risiko kecelakaan yang mungkin terjadi kapan dan dimana saja. Sedangkan HappyEdu adalah asuransi untuk perlindungan pendidikan anak jika kamu mengalami risiko kecelakaan. Ada lagi yang namanya HappyHome. Asuransi ini berguna untuk perlindungan rumah dari risiko kebakaran. Dan kamu juga bisa pastikan keamanan perjalanan kamu terjamin bersama HappyTrip. Nah maka dari itu, Perserta Vivalova Happiness Race sudah merasa lega dan tidak was-was dong sebelum mengikuti chellenge karena sudah menggunakan asuransi dari HappyOne.

Setelah pengenalan produk selesai, saatnya chellenge dimulai !!! riuh sekali suasana di dalam Histora Cafe&Resto pagi itu. Dengan dresscode warna-warni, acara ini menggambarkan keceriaan dan kebahagiaan yang harus dibangun oleh setiap masing-masing peserta. Apalagi syarat utama dalam acara ini adalah HAPPY. Ya, bahagia. Suasana hati kita harus bahagia dalam kondisi apapun. Dengan bahagia akan menampakkan aura positif, bukan hanya untuk diri sendiri tapi juga untuk orang di sekitarnya. 

Pesertanya acara ini berjumlah lima puluh orang. aku adalah tim ke-3 dari sepuluh tim yang dibuat. Masing-masing tim terdiri dari 5 orang. Maka jadilah aku, kak Hatta Celebes (sebagai ketua tim), Annisa Linda Sartika, Ahmad Humaidy, dan Eka Ade Lestari tergabung dalam satu tim. Dalam chellenge ini, kita harus menuju 4 spot yang disebut Zona Biru, Zona Magenta, Zona Orange dan  Zona Hijau. Setiap tim ditugaskan mencari 4 spot tersebut dan harus mengunggah foto ekspresi kebahagiaan, arsitektur, keceriaan anak-anak saat berada di kota tua dan hal-hal yang menarik selama dalam perjalanan.

 Zona Biru

Sebelum menuju ke zona biru, kami dipandu oleh mba Evi. Ia menjelaskan tentang sejarah Wisata Kota Tua yang dulunya menjadi pusat pemerintahan dan perdagangan pada masa penjajahan Belanda. Dimulai dari Museum Sejarah Jakarta atau yang sering disebut Museum Fatahillah, Gedung BI, Museum Wayang, Museum Keramik, Toko Merah, lalu kami diajak menelusuri sekitaran Kali Besar Barat.     
                
Kali Besar Barat yang dulunya merupakan pusat perdagangan. Infrastruktur di wilayah ini dibuat semirip mungkin dengan Kota Amsterdam tujuannya adalah agar orang-orang belanda yang menetap di Indonesia tidak mengalami homesick. Jadilah suasananya menjadi sama seperti kota asal mereka.
Tak terasa sampai lah kita di Zona Biru yang mana berada di depan gedung Bank BNI dekat dengan Stasiun Beos atau Stasiun Kota Tua. Disitu kita diberikan kartu yang isinya petunjuk untuk menuju sebuah tempat. Berdasarkan feeling kuat kami, menujulah kami ke Pasar Glodok yang merupakan pasar pecinan dan disitulh Zona Magenta berada.

Zona Magenta
Untuk menuju ke Zona kami menggunakan angkot karena lokasinya tidak terlalu jauh dari Kota Tua. Setelah bertanya ke penduduk setempat kami berlari dengan untuk menuju spot yang dimaksud. Setelah beberapa menit, sampai juga ke Zona Magenta bertemu beberapa panitia yang sudah menunggu. 
Clue didalam kertas itu menunjuk kata Kim Tek Le. Yang mana adalah sebuah klenteng yang bernama Vihara Dharma Bakti. Klenteng tersebut merupakan klenteng tertua di Jakarta setelah klenteng Ancol. Pendiri vihara ini adalah Letnan Kwee Houn pada 1650. Asal kata klenteng sendiri berasal dari kata kwen im peng yang artinya tempat peribadatan.

Zona Orange
Untuk menuju Zona Orange, kita kembali memutar otak untuk memecahkan apa maksud dari yang tertulis di kertas tersebut. Ternyata kami harus menemukan penjual permen dan manisan yang letaknya tidak jauh dari zona kuning. Yeps. Hanya sekitar beberapa meter saja zona kuning sudah di temukan. Itu adalah Kedai Kopi Legenda Tak Kie. Kedai kopi ini berdiri sejak tahun 1927 didirikan oleh perantau asal Tiongkok bernama Liong Kwie Tjong. Tapi jangan khawatir Kedai kopi ini halal jadi untuk yang beragama muslim tidak perlu khawatir untuk mampir sejenak melepas lelah sambil menyeruput kopi legenda yang sedap itu.

Zona Hijau
Spot yang menjadi Zona Hijau adalah sebuah warung bernama Rujak Shanghai Encim. Jaraknya hanya beberapa meter dari zona orange, sederetan dengan gedung Gloria. Disana kami dikenalkan dengan hidangan andalannya, rujak shanghai. Pengalaman yang unik ketikan ditantang untuk makan rujak yang dibuat dari perpaduan cumi, dan sayuran yang dilengkapi dengan bumbu merah dengan toping bubuk koya itu. Hebatnya, warung Rujak Shanghai Encim ini sudah berdiri sejak 1950 hingga sekarang. Wow, legendari sekali!!
Setelah beberapa menit, kami diberikan kertas yang berisikan pentunjuk untuk menuju spot terakhir. Spot itu berada di sebuah kedai teh yang bernama Pantjoran Tea House yang erletak tepat di seberang Glodok City Plaza dengan arsitektur Tiongkok.
Setelah berhasil nememukan spot terakhir, lalu kami kembali ke Historia Cafe dengan perasaan lega. Berbangga hati ketika kami menjadi tim yang selalu pertama sampai di semua zona. hweheee.
Eits penilaiannya tidak sampai disitu, ada satu lagi tantangan, yaitu membuat racikan bir pletok. Bir pletok ini minuman khas Betawi yang dibuat dari rempah-rempah, seperti jahe, daun pandan, dan serai. Dan agar warnanya tampak menarik, maka ditambahkanlah daun secang. Walaupun mengandung kata bir, minuman bir pletok ini tidak mengandung alkohol. Nah, setelah diadakan demo membuat racikan bir pletok oleh beberapa ahlinya, barulah peserta berlomba-lomba uji coba kemampuan meraciknya.


Di penghujung acara, panita membacakan beberapa pemenang dari happiness race yang berlangsung sejak pagi hari. dan bersyukur tim kami menjadi juara 2 berkat kerja keras, berkeringat- keringat ria, dan kesabaran kami dalam menghadapi rintangan. hweheee.
 
Seru bukan??? Vivalova Happiness Race, memang acara yang membuat susana hati happy. Acara yang meningkatkan kekompakkan, kerjasama, tantangan dan bagusnya memberikan edukasi serta melatih kesabaran. Dan yang paling bagus adalah dapat mengubah mindset aku tentang Wisata Kota Tua jakarta. Dari untuk pengalam Vivalova Happiness race ini. Aku merekomendasikan kalian untuk berkunjung ke Wisata Kota Tua jakarta karena didalamnya banyak sekali sejarah dan tempat yang unik serta wilayah yang strategis.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Belanja Sayuran Mudah dan Praktis di Panen Fresh

“Dunia Kartun” Kejutan Baru Dari Dufan di tahun 2019

Ini budaya aku, bukan punya kamu!!!